FORKOM

Mari Berqurban

Assalamualaikum sahabat FORKOM.
Lama tak menyapa dengan tulisan. Apa kabar sahabat-sahabat di atas bumi Allah ini? Semoga sehat selalu dalam pergantian musim kali ini. Amin,
Alhamdulillah kita bertemu lagi dengan bulan Dzulhijah, salah satu bulan haram, dimana kamu sekalian tidak diperbolehkan berperang meski dengan niat berjihad. Dan 10 hari pertama bulan Dzulhijah ini tak kalah istimewanya dari bulan Ramadhan. Bulan puasa yang kita rindukan.
Rasulullah berpuasa di 9 hari pertama bulan Dzulhijah. Beliau memperbanyak dzikir dan mohonampunan pada Allah, karena di bulan haram ini yang baik akan menjadi pahala yang berlipat-lipat. Rasulullah juga memperbanyak sedekah dan bertilawah loh.
Selain itu, puasa di hari kesembilan penanggalan bulan ini memiliki keistimewaan lebih. Yakniampunan dari dosa-dosa kecil dari satu tahun yang telah lalu, juga tak ketinggalan satu tahunkedepan. Bukankah Allah maha pemurah, jika kita ikhlas berpuasa di hari itu, Ia akan memaafkan dosa-dosa kecil kita yang tak terhitung banyaknya. Namun bukan berarti jugasetelah berpuasa itu kita jadi tanpa dosa melakukan perbuatan yang berganjar dosa ya..
Yang paling kita tunggu lagi, hari ke 10. Hari pengorbanan bersejarah di tarikh Islam. Dengantokoh terkenal Nabi Ibrahim, pasti setiap dari kita tahu kisah beliau yang dengan ikhlasmenyembelih putranya Nabi Ismail untuk niat pengorbanannya kepada Allah Semata. MasyaAllah, pernahkah kita terbayangkan kita berada dalam posisi Nabi Ibrahim? Relakah kitamenyembelih buah hati kita sendiri dengan tangan kita sendiri dengan kenyataan itu semua karena Allah?
Qurban, mari kita berqurban. Mari kita sisihkan beberapa dari rezeki kita. InsyaAllah jika adaniat, Allah akan memberi jalan rizki yang tidak kita duga.
Bahkan Ulama membolehkan kita umat muslim untuk berhutang agar mampu menunaikanibadah qurban ini*. Tentu dengan kemampuan membayarnya di hari lain sesuai kesepakatan.Bukankah panjang umur tiada yang tahu? Mari kita berkaca, apakah kita termasuk umat yangmampu berqurban? Yang mampu ikhlas mengorbankan sedikit harta untuk Allah semata? Mari berqurban!
Wassalamualaikum
(isl)