Sedekah Modal UMKM

1,00

Indonesia saat ini memasuki gelombang kedua Covid19 (Coronavirus Second Wave). Hal ini diawali dengan puncak kasus yang pertama pada Januari 2021, di mana jumlah kasus mingguan mencapai 89.902. Kemudian, pada akhir Juni 2021, jumlah kasus kian meningkat menjadi 125.396 dalam seminggu. Tak hanya sampai di situ. Pada periode 1218 Juli 2021, Indonesia menempati posisi pertama dalam peningkatan kasus Covid19 mingguan tertinggi. Kenaikan kasus di Indonesia mencapai 44% atau sebanyak 350.273 kasus.

Pandemi COVID-19 tidak hanya memukul sektor kesehatan, melainkan juga telah melumpuhkan sektor sosial dan ekonomi. Adanya kebijakan PPKM Darurat membuat ratusan ribu pekerja terancam dirumahkan dan diPHK. Alhasil, tak sedikit masyarakat yang menjerit kelaparan akibat nihil pemasukan. UMKM juga menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid19. Sebanyak 30 juta UMKM tak mampu bertahan akibat pendapatan menurun drastis. Di masa PPKM pelaku UMKM diperkirakan mengalami penurunan omzet sebesar 70 hingga 80%.

Wakaf Modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (WMUMKM) adalah program bantuan berupa pinjaman modal usaha untuk para pelaku UMKM yang terdampak pandemi atau mengalami kesulitan mendapatkan modal usaha. Dengan sistem Qardhul Hasan, pelaku UMKM yang sedang dalam kesulitan mendesak akan mendapatkan pinjaman dana tanpa agunan dan bunga, sehingga terselamatkan dari sistem riba dan dapat terus melanjutkan usahanya. Dalam program ini, pelaku UMKM juga mendapatkan pendampingan usaha untuk meningkatkan skala usaha, agar pelaku UMKM terbebas dari jerat kemiskinan. Tak hanya itu, pelaku UMKM juga diberi pendampingan spiritual untuk meningkatkan keimanan.

Mari bersama kita bantu bara pelaku UMKM di Indonesia, semoga bantuan kita dapat membantu usaha mereka serta meringankan beban mereka terutama di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Categories: ,